Journal of Education and Technology https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet <p>Journal of Education and Technology merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Indonesia menerbitkan artikel di bidang pendidikan dan teknologi, termasuk teknologi terapan pada bidang pendidikan. Tujuan publikasi jurnal adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian. Setiap artikel harus mempunyai temuan dari penelitian yang dilaksanakan.</p> <p>Terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada Bulan Juni dan Desember. Pengiriman artikel melalui sistem online dengan terlebih dahulu mendaftar pada link ini. Artikel harus sesuai dengan pedoman penulisan artikel.</p> <p><span class="tlid-translation translation" lang="id">Naskah yang diajukan ke jurnal akan diseleksi melalui proses penelaahan oleh Dewan Redaksi. Naskah akan dikirim ke Mitra Bebestari / <em>peer reviewer,</em> kemudian akan melalui proses <em>Double-Blind Peer Review.</em></span></p> <p><a title="ISSN (online)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2798-2521" target="_blank" rel="noopener"><span class="tlid-translation translation" lang="id"><em>ISSN: 2798-2521</em></span></a></p> en-US aseppyu@mail.unnes.ac.id (Asep Purwo Yudi Utomo, S. Pd., M. Pd.) aseppyu@mail.unnes.ac.id (Asep Purwo Yudi Utomo, S. Pd., M. Pd.) Sun, 14 Jul 2024 05:12:57 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Film Anime terhadap Penguasaan Kosakata pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/809 <p>Di era modern sekarang ini, media hiburan telah menjadi salah satu sarana dalam memperdalam ilmu pengetahuan. Kegiatan belajar yang memiliki kesan membosankan bisa menjadi hal yang lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hal tersebut, kami meneliti terkait pengaruh film anime terhadap penguasaan kosakata pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan memahami sejauh mana media hiburan yakni film anime memengaruhi penguasaan kosakata mahasiswa dan pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pengaruh positif dan negatif bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Hasil dari penelitian ini kami temukan 74,6% dari 71 responden setuju bahwa minat mereka menjadi bertambah untuk mempelajari Bahasa Jepang setelah menonton film anime. Adapun manfaat penelitian ini bagi masyarakat ialah film anime yang menarik dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Jepang di masyarakat umum karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menyuguhkan konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.</p> Malika Uswatun Hasanah, Farizka Aziza Ramadhani, Hanifah Ainurohmah, Leyvisca Kristi Nugroho, Dea Nisa Febrianti, Atria Windi Syarifah, Moh. Ilman Akbar Al izaaki, Sulthan Hafizh Khulafa Akbar, Alma Novita Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/809 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Dampak Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Industri Kreatif bagi Mahasiswa Seni Rupa Angkatan 2023 Universitas Negeri Semarang https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/810 <p>Penelitian ini menyelidiki pengaruh kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis kreatif pada Seni Rupa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2023. Penggunaan AI telah menciptakan pilihan baru dalam mengembangkan karya dan mempercepat proses seni dalam bisnis kreatif, sekaligus mengurangi biaya produksi. Namun, terdapat bahaya terhadap pekerjaan di bisnis kreatif, seperti AI yang menggantikan manusia dalam pengeditan gambar, rendering animasi, dan pembuatan konten yang meniru karya asli. Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai pelanggaran hak cipta dan penggunaan kecerdasan buatan, yang berpotensi membatasi inovasi manusia. Studi ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman dan adaptasi terhadap kemajuan AI di industri kreatif. Sebagai solusinya, direkomendasikan agar formulasi yang ketat dikembangkan untuk memaksimalkan dampak baik AI sekaligus meminimalkan dampak negatifnya. Teknik penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan penekanan pada observasi studi kasus untuk mendapatkan pemahaman holistik tentang pengaruh AI. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa menyadari pentingnya menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi, namun mereka juga mengkhawatirkan penempatan kerja AI dalam profesi kreatif. AI memiliki pengaruh positif terhadap efisiensi produksi, kualitas konten, analisis tren, dan keamanan data. Namun, ada juga konsekuensi negatifnya, seperti berkurangnya lapangan kerja manusia, hilangnya kecenderungan manusia terhadap materi, dan kemungkinan pelanggaran hak cipta. Untuk menghadapi terobosan AI, keseimbangan harus dicapai antara inovasi dan penghormatan terhadap cita-cita seni tradisional. Studi ini menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang AI dan kreativitas dapat membantu siswa mengembangkan materi yang unik. Kajian lebih lanjut kemampuan adaptasi siswa terhadap penggunaan AI di sektor kreatif, serta penekanan pada pengembangan kemampuan yang tidak dapat digantikan oleh AI dan penerapan aturan yang lebih eksplisit yang mengatur penggunaannya.</p> Maria Enjelita Liprina Hasibuan, Wanto Susilo Rahayu, Nafisah Al Husna, Puput Yuniarsih, Violla Maharani, Rendi Arif Primadani, Mohammad Fatkhul Huda Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/810 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Penggunaan Media Content-Creator dalam Pendidikan Bahasa Bagi Mahasiswa UNNES Angkatan 2023 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/811 <p>Pendidikan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Seiring perkembangan zaman, terdapat banyak sekali perkembangan teknologi. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari berbagai platfrom dan berbagai daerah. Dengan teknologi yang terus berkembang, tentu saja hal tersebut juga berpengaruh pada sistem pendidikan saat ini terutama pada media pembelajaran yang digunakan oleh para pengajar kepada anak-anak didiknya, contohnya saja penggunaan content creator sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media <em>content-creator </em>terhadap para pelajar, khususnya pada mahasiswa bahasa di Universitas Negeri Semarang. Melalui analisis kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengidentifikasi dampak penggunaan content creator dalam pemahaman materi, kesesuaian penjelasan materi, motivasi belajar, dan kualitas pembelajaran yang didapatkan. Diharapkan dengan artikel ini akan memberikan gambaran tentang penggunaan media content creator dalam pembelajaran bahasa bagi mahasiswa. Serta dampak positif dan juga kekurangan menggunakan media ini sebagai proses pembelajaran.</p> Nur Laelatur Rahmawati, Arin Rosyaida Purwanto, Steven Ciputra Wijaya, Alfath Ashkhabus Salam, Aldy Irawan, Ardiansyah Yudha Pratama, Arzeti Alisa Camelia Nurrachmawati, Naufal Roshid Murtadho, Muhammad Fadhli Alfarizi Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/811 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Motivasi dan Minat Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang melalui Inovasi Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Mata Kuliah Sejarah Indonesia https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/812 <p>Pendidikan sejarah memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman dan apresiasi terhadap sejarah bangsa. Sejarah membantu memahami masalah saat ini dan membentuk warga negara yang terinformasi. Selain itu, belajar sejarah juga memberikan kemampuan analisis yang baik dan mengembangkan pemahaman tentang dunia. Mahasiswa pendidikan sejarah sering menghadapi tantangan dalam mempertahankan motivasi dan minat terhadap mata kuliah Sejarah Indonesia. Meskipun memiliki manfaat yang signifikan, belajar sejarah tidak harus dipelajari. Hal ini dapat mengurangi motivasi dan minat mahasiswa terhadap mata kuliah tersebut. Untuk meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang, dapat dilakukan upaya-upaya inovasi dalam pembelajaran mata kuliah Sejarah Indonesia. Pembelajaran inovasi media dapat membantu mahasiswa untuk lebih terlibat dan tertarik dalam mempelajari sejarah. Selain itu, pendekatan praktis dan aplikatif dalam pengajaran sejarah juga dapat meningkatkan minat mahasiswa. Belajar sejarah mempunyai manfaat signifikan pada kehidupan sehari-hari. Sejarah membantu memahami masalah saat ini, memberikan kemampuan analisis yang baik, dan mengembangkan pemahaman tentang dunia. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat sejarah, diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi dan tertarik dalam mempelajari mata kuliah Sejarah Indonesia. Pendidikan sejarah memiliki urgensi yang besar dalam membantuk kesadaran berkebangsaan bagi seluruh warga negara Indonsia. Melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah, diharapkan generasi muda dapat menumbuhkan rasa persatuan dalam membangun bangsa yang lebih beradap. Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan motivasi dan minat terhadap mata kuliah Sejarah Indonesia juga sejalan dengan urgensi pendidikan sejarah dalam konteks bangsa Indonesia.</p> Noor Amelia Latifah Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/812 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Mahasiswa UNNES terhadap Penggunaan Media Sosial: Youtube sebagai Sumber Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/813 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa UNNES terhadap penggunaan media sosial, khususnya Youtube, sebagai sumber belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan&nbsp;kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini adalah 50 mahasiswa UNNES yang aktif menggunakan Youtube untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan tertutup yang menggunakan skala Likert, sedangkan wawancara berisi pertanyaan-pertanyaan terbuka yang menggali informasi lebih mendalam dari responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UNNES memiliki persepsi positif terhadap penggunaan Youtube sebagai sumber belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Faktor-faktor yang memotivasi mereka untuk menggunakan Youtube adalah kemudahan akses, variasi konten, kesesuaian dengan kebutuhan, dan kesenangan. Manfaat yang dirasakan oleh mereka adalah peningkatan keterampilan berbahasa, pengetahuan, dan minat belajar. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu, koneksi internet, dan kualitas video. Saran yang diberikan &nbsp;adalah memilih video yang sesuai dengan tingkat kemampuan, tujuan, dan kurikulum, serta mengatur waktu dan frekuensi belajar dengan Youtube secara efektif.</p> Dimas Wahyu Pratama Putra, Raihan Hafidz Arga Kumara, Nafisa Tasya Nabilla, Rajwa Indra Jaya Putra, Rizki Nugraha Pratama, Shabrina Lutfiana, Farah Naila Puspita, Abil Kurnia Dwi Putra Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/813 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Media Sosial “Tik Tok” terhadap Perubahan Sosial Budaya Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2023 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/814 <p>Di era generasi Gen-Z, Kemunculan aplikasi Tik Tok mulai berkembang pesat bahkan dari kalangan anak-anak hingga mahasiswa di lingkungan perkuliahan memiliki aplikasi Tik Tok. Namun seiring berjalannya waktu, aplikasi Tik Tok berkembang menjadi aplikasi dengan memuat konten-konten tertentu, sehingga permasalahan di akhir ini banyak kalangan mahasiswa yang menggunakan aplikasi Tik Tok digunakan untuk hal-hal yang dianggap tidak penting dan memunculkan rasa kecanduan dan malas bagi penontonnya sehingga dapat mempengaruhi lingkungan baik dari segi sosial maupun budayanya. Tujuan diterbitkan artikel penelitian ini adalah sebagai modul pengamatan penulis terhadap fenomena penggunaan Tik Tok yang terjadi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Semarang, khususnya tentang pengaruh media sosial Tik Tok pada mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2023. Adapun metode penelitian yang akan diterbitkan dalam artikel penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, metode ini dilakukan berdasarkan pengalaman seseorang dalam menghadapi suatu peristiwa. Hasil artikel penelitian yang sudah diperoleh selanjutnya akan dikembangkan ke dalam bentuk pembahasan dan menciptakan hasil penelitian dalam dunia pendidikan. Manfaat penelitian ini digunakan sebagai edukasi dalam pembelajaran di kehidupan sehari-hari dan mengetahui tentang dampak pengaruh adanya aplikasi Tik Tok dalam lingkungan perkuliahan.</p> Ratna Puspitasari, Navilla Dwi Cahyani, Muhammad Zadal Khoir, Felix Ardhian, Miftah Meyla Putri Priadi, Dio Alif Pradana, Yan Tatogo, Dewi Septia Ningrum, Leni Marlina Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/814 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Sosial Media TikTok dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/815 <p>Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh sosial media TikTok dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing bagi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra asing di Universitas Negeri Semarang. Latar belakang studi mencerminkan pergeseran paradigma dalam pembelajaran bahasa, dengan semakin mendominasinya media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya &nbsp;dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran media sosial, khususnya TikTok, dalam konteks pembelajaran bahasa asing bagi mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, lebih tepatnya dengan teknik pengumpulan data melalui analisa suatu konten untuk menghasilkan data yang deskriptif. Analisis dilakukan terhadap konten yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa asing serta respon dari para pengguna aplikasi TikTok. Terdapat tiga hal penting dalam hasil penelitian ini, rata-rata konten yang paling banyak meraih respon dari pengguna adalah konten yang berisi tentang tata bahasa, tata bicara atau memahami aksen, dan kosakata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran bahasa asing, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran di perguruan&nbsp;tinggi.</p> Muhammad Akbar Ilham Fatahillah, Erlina Asti Nissa Nabila, Rayinda Nayla Hafid, Fara Erviana, Bening Pratiwi, Istifadatul Bariroh, Siti Rasyidah Khairunnisa, Selly Virgo Sari Tan Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/815 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Film dan Serial Drama sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing: Tinjauan Persepsi Mahasiswa Unnes terhadap Efektivitasnya dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Asing https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/816 <p>Pada penelitian ini "Terdapat cara efektif dan efisien untuk mempelajari dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing melalui penggunaan film dan serial drama asing sehingga dapat mengimbangi pembelajaran formal di kelas," dengan hasil persentase persetujuan seratus persen, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa percaya bahwa penggunaan film dan serial drama asing dapat menjadi alternatif yang efektif dan efisien dalam mempelajari dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing, yang dapat menyeimbangkan pembelajaran formal di kelas. Penemuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa penggunaan media film dan drama dapat memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa asing. Poin terakhir, yaitu "Belajar bahasa asing akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan dengan media film dan serial drama asing," dengan hasil persentase persetujuan seratus persen, menegaskan bahwa mahasiswa percaya bahwa pembelajaran bahasa asing melalui film dan serial drama asing dapat meningkatkan kegembiraan dan minat mereka dalam belajar. Penemuan ini sejalan dengan teori psikologi yang menekankan pentingnya pengalaman belajar yang positif dan menyenangkan dalam memperkuat motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dan serial drama asing dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa asing, serta meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Meskipun masih ada mahasiswa yang lebih memilih pembelajaran formal di kelas, mayoritas mahasiswa menyambut baik penggunaan media film dan drama sebagai tambahan dalam pembelajaran bahasa asing. Hal ini menunjukkan potensi besar dari media tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa asing di lingkungan akademis.</p> Revania Maghfira Azzahra, Niken Aulia Safitri, Fina Lutfiana, Alindanatania Crisanty, Safa Tasya Kamila, Cempho Ratuarum Gurindra, Fara Ramadita, Jihan Nabila Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/816 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Aplikasi Baca Online Wattpad terhadap Minat Baca Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/817 <p>Minat membaca semakin lama, semakin menurun dengan minimnya keterampilan literasi yang dimiliki seseorang. Minat baca yang rendah dapat menyebabkan kesalahan penerimaan sebuah informasi. Aplikasi wattpad merupakan aplikasi baca <em>online </em>&nbsp;gratis yang saat ini diminati oleh anak muda bahkan orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aplikasi baca <em>online </em>&nbsp;wattpad terhadap minat baca mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada penjelasan kata-kata atau kalimat dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa aplikasi wattpad dapat memengaruhi minat baca mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang karena adanya kemudahan dalam mengakses aplikasi wattpad, mahasiswa banyak yang tertarik untuk membaca. Selain menghibur aplikasi ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan bagi pembacanya. Namun dari segala kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini, juga tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan kecanduan terhadap pembacanya dan dapat&nbsp;disalahgunakan.</p> Tri Maria Hastuti, Widyadhana Benda S. Nismara, Hening Jati Melani, Sabrina Fadilatul Khoiroh, Anggun Rizka Ramadania, Sakna Cahyani, Muhamad Syafiq Asyam, Windi Elika Sari Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/817 Sun, 14 Jul 2024 00:00:00 +0000 Linktree sebagai Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi pada kelas VII SMPN 34 Semarang https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/946 <p>Dunia pendidikan &nbsp;telah terjadi pergeseran paradigma interaksi antara guru dengan peserta didik yang disebabkan oleh perkembangan dan kemajuan teknologi pada saat ini. Guru dituntut untuk ters berinovasi dan juga kreatif dalam melakukan pembelajaran dengan adanya kemajuan teknologi pendidikan pada saat ini.. Salah satu komponen terpenting dalam pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai sesuatu yang mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan kepada penerima pesan. Salah satu yang dapat digunakan oleh guru ialah <em>Linktree</em>. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran linktree terhadap motivasi belajar peserta didik dalam materi teks laporan hasil observasi kelas VII. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifar deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa jawaban peserta didik terhadap sikap dan manfaat media pembelajaran linktree apada materi teks laporan hasil observasi kelas VII. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran linktree pada materi teks laporan hasil observasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Medai pembelajran tersebut juga bermanfaat dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sesuai target.</p> Fahrizal Lalang Sitoro, Asep Purwo Yudi Utomo, Rifana Yuniartanti, Neni Widyawati, Rochimmatussaadah, Didi Pramono, Sri Wurniyati Copyright (c) 2024 https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/946 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000